Fungsi Nomor Pokok Wajib Pajak dan Cara Membuatnya!

Nomor Pokok Wajib Pajak atau disingkat NPWP merupakan nomor identitas y kepada para Wajib Pajak. Ada beberapa fungsi Nomor Pokok Wajib Pajak bagi para Wajib Pajak. NPWP sangat memiliki peranan yang penting dalam segala transaksi perpajakan.

NPWP dapat menjadi sebuah dasar data yang akan berguna ketika pemungutan pajak. Bagi Anda yang ingin mendaftarkan NPWP, pahami dahulu apa itu NPWP dan bagaimana fungsinya. Berikut ini penjelasan mengenai Nomor Pokok Wajib Pajak!

Mengenai Nomor Pokok Wajib Pajak 

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Nomor tersebut akan diberikan kepada para Wajib Pajak untuk proses administrasi perpajakan. NPWP merupakan identitas atau tanda pengenal para Wajib Pajak.

NPWP berisikan identitas Wajib Pajak untuk memenuhi hak serta kewajiban pajak mereka. Tiap orang akan memiliki nomor yang berbeda-beda dan terdiri dari 15 angka. NPWP ini dikeluarkan resmi oleh Kantor Pelayanan Pajak dari DJP.

Bersamaan dengan keluarnya NPWP, nantinya Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar Pajak. Di sana akan memuat informasi dari Wajib Pajak beserta jenisnya perorangan atau pengusaha. Akan memuat pula kewajiban pajak yang harus dipenuhi.

Fungsi Dari Nomor Pokok Wajib Pajak 

Ketika NPWP sudah terdaftar dan tercetak, Anda bisa melakukan cek NPWP secara online lewat e-reg pajak. Jika memang sudah tertera, kemudian Anda bisa menikmati sejumlah fungsi dari NPWP. Adapun fungsi yang bisa aksesnya oleh Wajib Pajak, yakni!

1. Berguna Untuk Mengurus Restitusi Pajak

Restitusi merupakan jenis pembayaran pajak yang melebihi dari jumlah seharusnya. Adanya NPWP akan berguna untuk mengurus hal tersebut, bila Wajib Pajak terlanjur melakukan pembayaran lebih. Sebagai Wajib Pajak, Anda bisa mengajukan restitusi pajak.

2. Untuk Pengajuan Pengurangan Pembayaran Pajak

Tingkatan ekonomi yang berbeda-beda dari wajib pajak, maka dengan NPWP Wajib Pajak bisa mengajukan pengurangan biaya. NPWP berguna sebagai syarat utama bagi Anda yang ingin mengajukan pengurangan biaya pajak.

Hal ini sesuai dengan aturan pemerintah, di mana besaran tarif  pada Wajib Pajak yang tidak memiliki NPWP lebih tinggi. Adapun besaran tarifnya 20% berbanding dengan Wajib Pajak yang telah memiliki NPWP. 

3. Untuk Mendapatkan Pajak Rendah

Berikutnya, fungsi dari memiliki NPWP yakni Wajib Pajak mendapatkan pemotongan tarif pajak penghasilan sebesar 20%. Hal ini hanya berlaku pada Wajib Pajak saja, karena yang belum memiliki NPWP tidak bisa mendapatkan pemotongan pajak.

4. Berguna Sebagai Identitas Wajib Pajak

Fungsi Nomor Pokok Wajib Pajak berguna sebagai bukti identitas dari Wajib Pajak. Pajak tiap orang atau perusahaan ini berbeda-beda, hal ini bergantung pada total penghasilan yang ada. NPWP berguna juga untuk menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak. 

5. Sebagai Syarat Pendaftaran Kerja

Berikutnya, fungsi NPWP dapat berfungsi untuk Anda yang ingin melamar pekerjaan atau untuk mendaftar tender. Perusahaan tentunya membutuhkan kelengkapan data tiap pelamar, dan NPWP berguna sebagai sarana untuk mendaftar kerja.

Perusahaan tentunya akan membayarkan gaji kepada karyawan. Tiap gaji  akan dikenai potongan pajak PPh. Jadi gaji otomatis akan terpotong oleh pajak tersebut.

6. Sebagai Syarat Administrasi Paspor

Anda yang memiliki rencana untuk bepergian keluar negeri harus memiliki paspor. Paspor akan berguna sebagai identitas Anda di luar negeri. Dan, syarat administrasi untuk pembuatan paspor salah satunya, yakni NPWP.

Selain KTP dan Kartu Keluarga, NPWP akan berguna untuk proses pembuatan serta perpanjangan NPWP. 

7. Untuk Mengetahui Kewajiban Apa yang Perlu Dibayar

Fungsi dari memiliki NPWP, yakni Anda dapat mengetahui jumlah pajak yang menjadi tanggungan. Hal ini untuk mencegah apabila para Wajib Pajak lupa dengan jumlah pajak yang menjadi tanggungan. 

Bagaimana Cara Mendaftar Nomor Pokok Wajib Pajak 

Bagi Anda yang bingung mencari cara membuat NPWP, dapat dengan mudah dilakukan secara online. Mendaftarkan NPWP saat ini dapat dengan mudah melalui jasa pengurusan legalitas. Anda bisa menggunakan layanan jasa dari Novandi.

PENUTUP 

Beberapa fungsi Nomor Pokok Wajib Pajak di atas sangat diperlukan untuk sehari-hari. Karena pajak merupakan kewajiban semua orang, dan salah satu bentuk kontribusi untuk negara. Mendaftar NPWP dapat dengan mudah melalui jasa pengurusan legalitas di Novandi.

Share This Story, Choose Your Platform!