DAFTAR LAYANAN LENGKAP

Izin Tinggal Terbatas adalah izin yang diberikan kepada orang asing untuk tinggal dan berada di wilayah Indonesia untuk jangka waktu terbatas, Izin Tinggal Terbatas dapat diberikan kepada :

✓ Orang asing yang masuk wilayah Indonesia dengan Visa Tinggal Terbatas; (termasuk di dalamnya adalah yg memiliki Visa Kerja setelah memiliki Izin Kerja dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia)

✓ Anak yang lahir di wilayah Indonesia pada saat lahir ayah dan/atau ibunya pemegang Izin Tinggal Terbatas;

✓ Orang asing yang diberikan alih status dari Izin Tinggal Kunjungan

✓ Nahkoda, awak kapal atau tenaga ahli asing di atas kapal laut, alat apung, atau instalasi yang beroperasi di wilayah periran dan wilayah yurisdiksi Indonesia sesuai dengan ketentuan perundang-undangan

✓ Orang asing yang kawin secara sah dengan warga Negara Indonesia

✓ Anak dari orang asing yang kawin secara sah dengan warga Negara Indonesia

A. UMUM

✓ Fotokopi dan asli dari Paspor kebangsaan atau dokumen perjalanan serta bukti visa; (Paspor Full Halaman tampak depan atas Informasi Data Paspor)

✓ Fotokopi dan asli ITAS lama (bagi yang telah memiliki ITAS)

✓ Surat Permohonan dari Penjamin yang ditujukan kepada Kepala Kantor Imigrasi setempat

✓ Surat Penjaminan dari Penjamin bermaterai

✓ KTP (E-KTP) Penjamin

✓ Surat Keterangan Tempat Tinggal (Keterangan Domisili) jika dibutuihkan

✓ Sertifikat Vaksin Lengkap

✓ Surat Kuasa Pengurusan

B. KHUSUS

Selain melampirkan persyaratan sebagaimana dimaksud diatas, juga harus melampirkan persyaratan berikut bagi :

B.1 PENANAM MODAL

✓ Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahan Perusahaan yang diterbitkan oleh Notaris berikut SK Pengesahan dan atau Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perusahaan yang diterbitkan dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Saham Minimal 1 Milyar per orang, dengan Status Perusahaan PMA

✓ Nomor Induk Berusaha (NIB OSS Terbaru yang efektif/IUT BKPM/Izin Usaha dan atau setara dengan Izin lainnya

✓ NPWP Perusahaan

✓ Rekomendasi Badan Kordinasi Penanaman Modal

B.2 TENAGA AHLI

✓ Surat Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) dan Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) dari Kemenakertrans dan Bukti bayar DPKK

✓ Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahan Perusahaan yang diterbitkan oleh Notaris berikut SK Pengesahan dan atau Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perusahaan yang diterbitkan dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Modal Setor di Pasal 4 Ayat 2 dalam Akta Minimal 1 Milyar

✓ Nomor Induk Berusaha (NIB OSS Terbaru yang efektif/IUT BKPM/Izin Usaha dan atau setara dengan Izin lainnya

✓ NPWP Perusahaan

✓ Rekomendasi Badan Kordinasi Penanaman Modal

C. PERORANGAN

C.1. PERKAWINAN CAMPURAN

✓ Akte Perkawinan

✓ Pengantar atau Pengesahan dari KBRI/Kedutaan

WNA

✓ KTP dan Kartu Keluarga Suami/Istri WNI

✓ Surat Bukti Lapor Perkawinan dari Catatan Sipil

✓ Pas Foto

C.2 KELUARGA WNA, MENGIKUTI IZIN TINGGAL SUAMI/ISTRI/ORANGTUA

✓ Surat Keterangan Lahir dari Rumah Sakit atau Akte Kelahiran

✓ Paspor Kebangsaan ayah/ibu WNA

✓ KITAS ayah/ibu WNA

✓ Akte Perkawinan orangtua

✓ Surat Keterangan Lapor Lahir dari Kantor Imigrasi

✓ ITAS Ayah/Ibu yang menjadi Penjamin

C.3 ANAK BERUSIA DI BAWAH 18 TAHUN ATAU BELUM MENIKAH DARI ORANGTUA PEMEGANG ITAS

✓ Akte Kelahiran

✓ Akte Perkawinan Orang Tua Perkawinan Campuran

✓ KTP dan Paspor Orang Tua

✓ Kartu Keluarga

✓ KITAS/KITAP ayah/ibu

PEMBERITAHUAN

✓ Perpanjangan Izin Tinggal Terbatas dapat diajukan paling cepat 3 (tiga) bulan dan paling lambat pada hari kerja sebelum jangka waktu Izin Tinggal Terbatas berakhir

✓ Perpanjangan Izin Tinggal Terbatas sesuai wilayah kerja Kantor Imigrasi. Wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus setempat

✓ Perpanjangan Izin Tinggal Terbatas untuk jangka waktu paling lama 2 (dua) tahun setiap kali perpanjangan, dengan ketentuan keseluruhan Izin Tinggal Terbatas tidak melebihi 6 (enam) tahun.

✓ Perpanjangan Izin Tinggal Terbatas jangka 2 (dua) waktu tahun diberikan oleh Kepala Kantor Imigrasi setelah mendapat persetujuan Direktur Jenderal, untuk jangka waktu 6 bulan dan 1 tahun diberikan oleh Kepala Kantor Imigrasi kecuali perpanjangan keempat dan seterusnya perpanjangan diberikan setelah mendapat persetujuan Kepala Kantor Wilayah

ALUR PEMERIKSAAN KEIMIGRASIAN PADA KEDATANGAN PENUMPANG WNA PENGGUNA ITAS TKA ONLINE DI TPI BANDARA

✓ Kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri beserta fotocopinya

✓ Kartu keluarga beserta fotocopinya

✓ Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis; (dalam dokumen harus tercantum nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, jika tidak tercantum, pemohon dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang) beserta fotocopinya

✓ Surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang Asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui atau penyampaian untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan beserta fotocopinya

✓ Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama beserta fotocopinya

✓ Paspor biasa (lama) buat yang telah memiliki paspor biasa sebelumnya beserta fotocopinya

✓ Paspor Asli dan Fotocopi

✓ Kitas Asli dan Fotocopi

✓ Surat Permohonan dari Sponsor

✓ Tiket kembali ke negaranya atau meneruskan ke negara lain

✓ KTP Penjamin/Sponsor *khusus tenaga kerja asing lampirkan

persyaratan tambahan dibawah ini:

✓ Buku Biru Asli

✓ Kop Surat Perusahaan

✓ DPKK Asli dan Fotocopi

✓ Imta Asli dan Fotocopi

✓ RPTKA Copy

Perseroan Terbatas didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Republik Indonesia tentang Perseroan Terbatas, Jenis PT ada Perusahaan Lokal Swasta atau Perusahaan Asing (PMA) dimana Modal Minimal PT Untuk

✓ UMKM adalah Rp 50.000.000,-,

✓ Kecil diatas Rp 50.000.000,- sampai dengan Rp 500.000.000,-

✓ Menengah diatas Rp 500.000.000,- sampai dengan Rp 10.000.000.000,-

✓ Besar diatas Rp 10.000.000.000,-

✓ Dan PT PMA diatas Rp 10.000.000.000,-

a. Jika Pemegang Saham Perorangan

✓ Mengisi Form Pendirian PT yang akan kami berikan

✓ KTP/Paspor dan NPWP Pemegang Saham dan Pengurus (minimal 2 Orang boleh rangkap jabatan selain suami istri, kecuali memiliki Perjanjian Kawin atau WNA)

✓ Menandatangani Dokumen Pernyataan, Kuasa dan Dokumen Terkait lainnya yang dibutuhkan untuk Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan terkait

b. Jika Pemegang Saham adalahh Perusahaan

✓ Mengisi Form Pendirian PT yang akan kami berikan

✓ KTP/Paspor dan NPWP Direktur Perusahaan yang akan menjadi Pemegang Saham

✓ KTP/Paspor dan NPWP Pemegang Saham dan Pengurus (minimal 2 Orang boleh rangkap jabatan selain suami istri, kecuali memiliki Perjanjian Kawin atau WNA)

✓ Menandatangani Dokumen Pernyataan, Kuasa dan Dokumen Terkait lainnya yang dibutuhkan untuk Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan terkait

✓ Melampirkan Dokumen Legalitas Perusahaan yang akan menjadi pemegang saham (Akta (AOA) dan SK, NPWP,NIB dan Izin Usaha terkait

✓ Sirkular/Berita Acara Rapat atas agenda perubahan akta yang akan dirubah

✓ Melampirkan Dokumen Legalitas Perusahaan yang akan menjadi pemegang saham (Akta (AOA) dan SK, NPWP,NIB dan Izin Usaha terkait

✓ KTP dan NPWP Direktur/Pengurus yang dibutuhkan dalam pembuatan akta

✓ Menandatangani Kuasa dan dokumen-dokumen terkait sehubungan terkait akta perubahan tersebut diatas

✓ Fotokopi dan asli dari Paspor kebangsaan atau dokumen perjalanan serta bukti visa; (Paspor Full Halaman tampak depan atas Informasi Data Paspor)

✓ Fotokopi dan asli ITAS lama (bagi yang telah memiliki ITAS) bagi Direktur/Komisaris yang menjabat di lebih dari 1 Perusahaan

✓ Surat Permohonan dari Penjamin yang ditujukan kepada Kementerian Tenaga Kerja RI

✓ Surat Penjaminan dari Penjamin bermaterai

✓ KTP (E-KTP) Penjamin

✓ Surat Keterangan Tempat Tinggal (Keterangan Domisili) jika dibutuhkan

✓ Sertifikat Vaksin Lengkap

✓ Surat Kuasa Pengurusan

✓ Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahan Perusahaan yang diterbitkan oleh Notaris berikut SK Pengesahan dan atau Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perusahaan yang diterbitkan dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Modal Setor di Pasal 4 Ayat 2 dalam Akta Minimal 1 Milyar

✓ Nomor Induk Berusaha (NIB OSS Terbaru yang efektif/IUT BKPM/Izin Usaha dan atau setara dengan Izin lainnya

✓ NPWP Perusahaan

✓ Rekomendasi Badan Kordinasi Penanaman Modal

✓ Wajib Lapor Tenaga Kerja Perusahaan

✓ Kop Surat Perusahaan

✓ Curiculum Vitae & Ijazah TKA

✓ Pas Foto Berwarna

✓ Surat keterangan kerja minimal 5 tahun dari tempat bekerja (untuk IMTA 1 thn)

✓ KTP & NPWP Direktur Perusahaan Penjamin

✓ Sertifikat BPJS Tenaga Kerja

✓ Rekening koran Perusahaan (3 Bulan)

✓ Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahan Perusahaan yang diterbitkan oleh Notaris berikut SK Pengesahan dan atau Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perusahaan yang diterbitkan dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Bidang Usaha Industri

✓ KTP dan NPWP Direktur Perusahaan

✓ Surat Kuasa Pengurusan dan Menandatangani dokumen-dokumen terkait pengurusan izin terkait

✓ Daftar Barang dan Bahan

✓ NPWP Perusahaan dan SKT PKP

✓ Nomor Induk Berusaha (NIB OSS Terbaru yang efektif/IUT BKPM/Izin Usaha dan atau setara dengan Izin lainnya

✓ Rekomendasi Kementerian Perindusterian

✓ Uraian Proses Produksi yang mencantumkan jenis bahan baku dilengkapi dengan diagram alir/flow chart khusus industry pengolahan

✓ Kalkulasi Penggunaan Barang dan bahan sesuai dengan jenis produksi yang dihasilkan oleh mesin utama

✓ Dengan Pabrik dan gambar tata letak mesin-mesin/Peralatan atau gambar teknis Gedung / Bangunan

✓ Rekaman Pemberitahuan Impor barang (PIB) atas impor mesin yang telah diberikan persetujuan pengeluaran barang oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Faktur pembeliaan mesin dalam negeri

✓ Data teknis atau brosur barang dan bahan

✓ Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Periode Terakhir

✓ Fotokopi dan asli dari Paspor kebangsaan atau dokumen perjalanan serta bukti visa; (Paspor Full Halaman tampak depan atas Informasi Data Paspor)

✓ menandatangani Surat Kuasa Pengurusan dan Dokumen terkait sehubungan dengan pengurusan

✓ Sertifikat Vaksin

✓ Surat pernyataan dan jaminan dari Penjamin

✓ Surat pernyataan kesediaan isolasi dan biaya mandiri apabila positif covid

✓ Copy ktp penanggung jawab

✓ Copy tiket return

✓ Asuransi WNA

✓ Rekening tabungan minimal $2500 USD

Fotokopi dokumen pendirian badan usaha, berupa

✓ akta pendirian atau dokumen pendirian dan perubahannya, bagi Wajib Pajak Badan dalam negeri; atau

✓ surat keterangan penunjukan dari kantor pusat, bagi bentuk usaha tetap atau kantor perwakilan perusahaan asing;

dokumen yang menunjukkan identitas diri seluruh pengurus Badan

✓ bagi Warga Negara Indonesia yaitu fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak

✓ bagi Warga Negara Asing, yaitu

fotokopi paspor; dan

fotokopi Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak, dalam hal WNA telah terdaftar sebagai Wajib Pajak.

Pengurusan TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) Biro Perjalanan Wisata , Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), Impresariat, Restauran, Jasa Boga

Pengurusan BPOM (Badan Pengawasan obat dan Makanan)

✓ Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahan Perusahaan yang diterbitkan oleh Notaris berikut SK Pengesahan dan atau Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perusahaan yang diterbitkan dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Bidang Usaha Industri

✓ KTP dan NPWP Direktur Perusahaan

✓ Surat Kuasa Pengurusan dan Menandatangani dokumen-dokumen terkait pengurusan izin terkait

✓ NPWP Perusahaan

✓ Nomor Induk Berusaha (NIB OSS Terbaru yang efektif/IUT BKPM/Izin Usaha dan atau setara dengan Izin lainnya

▪ Syarat BPOM Kosmetik

▪ Jika merek punya importir, maklon/OEM

✓ LOA (letter of autorization) surat penunjukan manufacture ke importir

✓ LOS (letter of statement) surat penjelasan bahwa manufacture tidak jual merek tersebut di negara asal.

✓ CPL (Certificate Product License) Sertifikat hygiene/kebersihan dari manufacture

✓ GMP (Good Manufacturing Practice)

✓ MOU (Perjanjian manufacture dan importir)

✓ Ingredient beserta kadar %

✓ sertifikat haki atau merek/resi pendaftaran haki punya importir

▪ Jika merek punya manufacture

✓ LOA (letter of autorization) surat penunjukan manufacture ke importir

✓ GMP (Good Manufacturing Practice)

✓ CPL (Certificate Product License) Sertifikat hygiene/kebersihan dari manufacture

✓ CFS (Certificate Of Free Sale) Sertifikat bebas jual di negara asal

✓ Ingredient beserta kadar %

▪ Syarat BPOM Makanan

✓ Izin usaha mikro kecil (yg di proses di kelurahan setempat akan diurus oleh kami)

✓ Layout pabrik harus di setujui oleh balaipom ( nanti di bantu untuk penempatan2 setelah ada layout )

✓ Dokumen sop dari bahan baku masuk sampai produk jadi di distribusikan (nanti kami siapkan)

✓ Form dan kartu stok yg harus ada di pabrik (nanti kami siapkan)

✓ Surat permohonan audit pabrik dan pernyataan (draft dari kami tinggal di ttd)

✓ Proses audit pabrik dari balai Pom

✓ Setelah keluar surat rekomendasi proses akun di badan pom

✓ Pengujian lab untuk produk yg akan di daftarkan

✓ Registrasi produknya di bpom

✓ Dokumen yg di butuhkan untuk registrasi (cara pembuatan produk, komposisi beserta kadar, penjelasan exp date, penjelasan kode batch, spesifikasi produk, spesifikasi bahan baku, rancangan label)

✓ Akte Pendirian Perusahaan dan Akta Perubahan Perusahaan yang diterbitkan oleh Notaris berikut SK Pengesahan dan atau Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perusahaan yang diterbitkan dari Kementerian Hukum dan HAM RI

✓ KTP dan NPWP Direktur Perusahaan

✓ Surat Kuasa Pengurusan dan Menandatangani dokumen-dokumen terkait pengurusan izin terkait

✓ NPWP Perusahaan

✓ Nomor Induk Berusaha (NIB OSS Terbaru yang efektif/IUT BKPM/Izin Usaha dan atau setara dengan Izin lainnya

✓ Etiket Merek (Gambar Logo Merek yang akan didaftarkan detail tulisan dan Warnanya)

Pengurusan Izin Usaha Penjualan Langsung (IUPL) Sementara/Tetap

✓ Akta dan SK Menkumham

✓ NPWP, NIB dan Izin Usaha Perusahaan

✓ KTP dan NPWP Penanggungjawab

✓ Profil Perusahaan

✓ Sertifikat Keanggotaan APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia)

✓ Perifikasi dari APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia)

✓ Produk dan Daftar Harga Produk

✓ Marketing Plan

✓ Kode Etik Perusahaan

✓ Kontrak Kerjasama dari pemasok barang

✓ Alur Distribusi barang

✓ Sistem/ Jenis Pelatihan

✓ Izin Edar (Surat izin atau pendaftaran lainnya dari instansi teknis untuk jenis barang tertentu sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundangundangan)

✓ Pas foto berwarna Direktur Utama atau penanggungjawab perusahaan ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar

✓ Fotokopi kontrak kerjasama atau surat penunjukan, apabila perusahaan mendapatkan barang dan/jasa dari perusahaan lain (produsen atau supplier)

Peraturan:

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor : 32/M-Dag/Per/8/2008 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan Usaha Perdagangan Dengan Sistem Penjualan Langsung.

✓ Surat permohonan yang didalamnya terdapat pernyataan kebenaran dan keabsahan dokumen & data di atas kertas bermaterai Rp 10,000

✓ Copy Akta Pendirian & Perubahan, dan Copy SK. Pendirian dan perubahan yang sudah disetujui Menteri Kehakiman & HAM RI

✓ Copy Domisili Perusahaan, Copy NPWP

✓ Copy Kontrak/Sewa/Bukti Kepemilikan Tempat Usaha (Memiliki Sertifikat kepemilikan gedung kantor sendiri atau bukti sewa gedung paling sedikit 2 (dua) tahun )

✓ Copy KTP & NPWP Pengurus dan KTP & NPWP Pemegang Saham (WNI)

✓ Copy Kartu Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau VISA / Paspor (WNA)

✓ NPWP perusahaan

✓ Lampiran Daftar Peralatan Kantor & Daftar Karyawan

▪ Keterangan memiliki atau menguasai kendaraan operasional minimal roda 4 (empat) yang dibuktikan dengan bukti kepemilikan atau sewa yang sah

▪ Keterangan memiliki atau menguasai lahan parkir atau pool

▪ Keterangan memiliki sistem sarana peralatan perangkat lunak dan keras serta sistem informasi dan komunikasi yang terintegrasi dengan sistem informasi transportasi darat,laut, udara, perkeretaapian sesuai dengan perkembangan teknologi

▪ Melampirkan fotokopi struktur organisasi perusahaan, Menunjukkan foto gedung/kantor tampak depan dan dalam ,serta daftar inventaris kantor.

▪ Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi harus mempunyai Tenaga Ahli Warga Negara Indonesia. Dengan pendidikan minimal D3 pelayaran, maritim, penerbangan, transportasi, hingga S1 Logistik Sertifikat Ahli Kepabeanan/ Kepelabuhan. Calon Tenaga ahli harus melampirkan fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh pihak Universitas penerbit, serta menyertakan daftar riwayat hidup dan pasfoto.

✓ Melampirkan bukti setor bank senilai modal disetor dalam Akta Notaris (Memiliki modal dasar paling sedikit 1,2 M dan paling sedikit 25% dari modal dasar harus ditempatkan dan disetor penuh dengan bukti penyetoran yang sah atau diaudit oleh kantor akuntan publik )

✓ Melampirkan bukti kwitansi penerimaan uang dari Perusahaan

✓ Untuk persentase saham asing (PMA) bisa 100% dengan Modal Dasar minimum 58 M dan paling sedikit 25% dari modal dasar harus ditempatkan dan disetor penuh dengan bukti penyetoran yang sah atau diaudit oleh kantor akuntan publik.

✓ Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) tunggal (Tidak boleh digabungkan dengan KBLI lain).

✓ Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (IUJPT) terdahulu (Asli dan Fotokopi)

✓ Jika dikuasakan (Surat kuasa di atas kertas bermaterai RP 10.000 dan KTP orang yang diberi kuasa ).

Pengurusan Surat Keterangan Terdaftar MIGAS (SKT MIGAS)

▪ Data Pengurus & Penanggung jawab Perusahaan

▪ Akta pendirian & Perubahan perusahaan beserta SK pengesahannya

▪ NPWP Perusahaan

▪ NIB Perusahaan

▪ Bukti kepemilikan tanah

➢ Jika Pribadi : Sertifikat Tanah/ Akte Waris/ Akte Hibah/ Akte Jual Beli (AJB), bila bukan atas nama pemohon , lampirkan data pendukung

➢ Jika Sewa : Perjanjian sewa-menyewa tanah atau bangunan, Surat pernyataan diatas kertas bermaterai Rp 10.000 dari pemilik tanah atau bangunan yang menyatakan tidak keberatan tanah atau bangunan digunakan, Scan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik tanah atau bangunan

Pengurusan KEAGENAN / STP DISTRIBUTOR

1. Perjanjian Kerjasama Dengan Produsen Luar Negeri Yang Di Cap Notaris Negara Asal Dan KBRI Negara Asal

2. NIB Perusahaan Pemohon STP

3. NPWP Perusahaan Pemohon STP

4. Brosur Atau Katalog Produk

5. KTP Dan NPWP Direktur Perusahaan Pemohon STP

6. Merek Produk dan Jenis Barang

7. Username dan Password OSS RBA

8. Terjemah Tersumpah Jika Perjanjian Menggunakan Bahasa Asing

9. Surat Konfirmasi Dari Principal Produsen Jika Penunjukan dan Perjanjian Kerjasama Dari Principal Suplayer

1. Perjanjian Kerjasama dan penunjukan sebagaimana agen Dengan Produsen Dalam Negeri Yang Di Legalisir Notaris (Legalisir Bisa Kami Bantu)

2. NIB Perusahaan Pemohon STP

3. NPWP Perusahaan Pemohon STP

4. Brosur atau Katalog Produk

5. KTP Dan NPWP Direktur Perusahaan

6. NIB Produsen

7. Izin Usaha Industri (IUI) Dari Produsen

8. Merek produk dan jenis barang

9. STP Keagenan Atau Distributor yang dimiliki oleh perusahaan yang menunjuk

Pengurusan (Surat Izin Usaha Pengangkutan Laut (SIUPAL)

✓ Memiliki akta pendirian perusahaan

✓ Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

✓ Fotocopy identitas penanggung jawab perusahaan

✓ NIB

✓ Surat keterangan domisili perusahaan dari instansi yang berwenang

✓ Memiliki tenaga ahli di bidang ketatalaksanaan angkutan laut dan kepelabuhanan, nautika (minimal ANT III) dan/atau teknika (minimal ATT III) pelayaran niaga yang dibuktikan dengan salinan ijazah yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang

✓ Khusus untukusaha patungan (joint venture), komposisi saham minimal 51 % dikuasai badan usaha nasional

✓ Surat pernyataan pakta integritas dari perusahaan untuk tidak memberikan gratifikasi kepada PNS (bermaterai) dan

✓ Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dari perusahaan atas kebenaran seluruh dokumen yang disampaikan

*bermaterai

✓ Memiliki kapal motor berbendera Indonesia yg laik laut dengan ukuran paling kecil GT 175 (seratus tujuh puluh lima Gross Tonnage);

✓ Memiliki kapal tunda berbendera Indonesia yg laik laut dengan daya motor penggerak paling kecil 150 (seratus lima puluh) tenaga kuda (TK) dengan tongkang berukuran paling kecil GT 175 (seratus tujuh puluh lima Gross Tonnage);

✓ Memiliki kapal tunda berbendera Indonesia yg laik laut dengan ukuran paling kecil GT 175 (seratus tujuh puluh lima Gross Tonnage);

✓ Memiliki tongkang bermesin berbendera Indonesia yang laik laut dengan ukuran paling kecil GT 175 (seratus tujuh puluh lima Gross Tonnage). Khusus untuk join venture (PMA), memiliki 1 (satu) unit kapal berbendera Indonesia dengan ukuran paling kecil 5000 GT dan diawaki oleh awak kapal berkewarganegaraan Indonesia.

Pengurusan SIUP-KK

✓ Akta & sk pendirian dan perubahan

✓ NPWP perusahaan

✓ NIB

✓ bukti sewa minimal 2 th

✓ ijazah tenaga ahli ANT III/D.III ketatalaksanaan/Transportasi laut

✓ Referensi Bank Nasional/Swasta Dengan Aset perusahaan 50 Triliun Rupiah

✓ surat pengangkatan tenaga ahli

✓ surat pengalaman tenaga ahli 2 tahun padanperusahaan pelayaran

✓ inventaris sarana dan prasarana kantor beserta foto kantor

✓ Surat Permohonan

✓ Salinan Nomor Induk Berusaha

✓ Salinan surat penetapan prioritas atau pemenang lelang WIUPK

✓ Bukti penempatan jaminan kesungguhan eksplorasi

✓ Bukti pelunasan nilai kompensasi data informasi WIUPK

✓ Susunan pengurus, daftar pemegang saham, dan daftar pemilik manfaat dari Badan usaha (BUMN/BUMD atau badan usaha joint venture) yang diberikan secara prioritas atau Badan Usaha swasta yang telah ditetapkan pemenang lelang WIUPK

✓ Surat pernyataan tenaga ahli pertambangan dan/atau geologi yang berpengalaman paling singkat 3 (tiga) tahun dengan dilengkapi daftar riwayat hidup dan pengalaman

✓ Surat pernyataan untuk mematuhi ketentuan peraturan perundangundangan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup

✓ Bukti pembayaran PNBP pencetakan peta WIUP sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan

✓ Data digital dokumen permohonan secara lengkap

Pengurusan REKOMENDASI PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMROH dan HAJI KHUSUS

✓ Asli Akta Pendirian Perusahaan dan Surat Keputusan Pengesahan Pendirian dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

✓ Asli Seluruh Akta Perubahan Perusahaan dan Surat Keputusan Perubahan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Biro Perjalanan Wisata yang memiliki salah satu kegiatan usahanya di bidang penyelenggara perjalanan ibadah umrah dan haji khusus

(KBLI 79122)

✓ Asli Surat Keterangan Domisili dari Pemerintahan Setempat yang masih berlaku

✓ Asli Bukti kepemilikan (Sertifikat Hak Milik) atau sewa menyewa atas nama perusahaan paling singkat 5 (lima) tahun yang dibuktikan dengan pengesahan atau legalisasi dari notaris, minimal luas 25M

✓ Asli Tanda Daftar Usaha Pariwisata (paling singkat operasi 1 (satu) tahun dari instNsi pemerintah daerah provinsi dan/atau kabupaten kota setempat yang menbidangi pariwisata dibuktikan dengan laporan kegiatan usaha

✓ Asli Laporan Keuangan Perusahaan 1 (satu) tahun terakhir dan telah di audit akuntan public yang terdaftar di Kementerian Keunagan dengan opini wajar tanpa pengecualian

✓ Asli Surat Keterangan Fiskal atas nama perusahaan dari Direktorat Jenderal Pajak

✓ Asli susunan dan struktur pengurus perusahaan (ditandatangani oleh Direktur Utama dan Cap Perusahaan)

✓ Asli Surat Pernyataan bermaterai pemilik saham, komisaris dan Direksi yang menyatakan perusahaan tidak pernah melakukan pelanggaran hukum terkahir penyekenggara perjalananibadah umrah dan penyelenggara perjalanan ibadah haji khusus

✓ Asli Surat Pernyataan bermaterai pemilik saham, komisaris dan Direksi yang menyatakan perusahaan tidak pernah atau sedang dikenai sanksi atas penyelenggara Hukum terkait Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah dan Penyelenggara Haji Khusus

✓ Asli Surat Pernyataan Komitemen atau kesanggupan pemilik saham, komisaris dan Direksi untuk melaksanakan kewajiban sebagai penyeenggara perjalanan ibadah umrah sesuai dengan standar pelayanan minimal dan meningkatkan kualitas penyelenggara perjalanan ibadah umrah sesuai dengan ketentuan perundangan udangan

✓ Sertifikat Asli Tenaga Ahli (Tour Leader, Tour Guide, Pembimbing Ibadah)

✓ Job Description Perusahaan

✓ Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)

✓ Surat Kerjasama kemitraan dengan Perusahaan Transportasi, akomodasi, Catering, dan Asuransi

✓ Tersedia Komputer Minimal 3 unit, email resmi perusahaan telepon/fax, jaringan internat dan mesin cetak minimal 1

✓ STNK kendaraan Operasional R2 dan R4

✓ Foto kantor dan Fasilitas kantor, dengan rincian :

– Front Office

– Back Office

– Parkir

– Lemari Arsip

– Apar

– Parkir Kendaraan

– Lemari Arsip

– Toilet

– Musholla

✓ Database Pelanggan

✓ SOP Pemberian Informasi yang dilakukan sebelum keberangkatan

✓ SOP Pelayanan Keberangkatan (foto dan Video)

✓ SOP Pendaftaran Jemaah, Pembuatan Paspor dan Visa Dokumen Perjalanan, Pembatalan Jamah, dan Dokumen hilang selama perlajanan

✓ Mekanisme pelayanan penyelesaian dan tindaklajut keluhan Kuisoner Kepuasan pelanggan

✓ Paket Wisata selama lebih dari 1 tahun, dengan rician :

– Brosur Perjalanan

– Buku Saku/Paduan wisatawan

– Itinarary

– Manifest

– Paspor

– KTP

– Visa

▪ Identitas Pemohon/Penanggung Jawab

– KTP

– NPWP

– NIB (Jika Perusahaan)

▪ Bukti Kepemilikan Tanah

▪ Bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir

▪ Foto Lokasi (sudut kiri, sudut kanan dan depan)

▪ IRK : Peta BPN (maks. 200m2) hasil ukur SKB (min. 200m2)

▪ Lemb. Pengesahan GPA : disetujui arsitek (rumah tinggal) disetujui IPTB (Non rumah tinggal/dengan basement/lift)

▪ GPA 2D (DWG) dan GPA 3D (kmz/skp)

▪ Surat permohonan dan pernyataan keabsahan dokumen