Cara Mudah Pengurusan RPTKA Online, Simak Solusinya Disini!
Menggunakan tenaga asing untuk bekerja di Indonesia memang diperbolehkan. Namun ada persyaratan yang harus dilengkapi yaitu RPTKA online. Setiap perusahaan swasta nasional maupun PMA wajib mengurus RPTKA tersebut.
Pengurusan RPTKA tersebut memang cukup rumit. Persyaratan yang diperlukan untuk membuatnya juga banyak. Tak heran jika banyak yang melimpahkannya pada jasa pembuat Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA).
Pengertian RPTKA
Sebelum melangkah lebih jauh, memahami pengertian RPTKA merupakan dasar yang sangat penting. Nyatanya tidak semua orang tahu pengertian RPTKA tersebut sehingga wajib mencari tahu terlebih dahulu.
RPTKA adalah surat keputusan yang digunakan sebagai syarat untuk mempekerjakan tenaga asing (luar negeri) di Indonesia. Surat ini dibuat langsung oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.
RPTKA harus diurus oleh perwakilan dari perusahaan yang akan mempekerjakan tenaga asing tersebut. Masa berlaku RPTKA adalah 1 tahun dan bisa dilakukan perpanjangan jika memang dibutuhkan.
RPTKA perpanjangan bisa diurus kembali oleh perwakilan dari perusahaan terkait. Pengurusannya tentu tidak serumit ketika melakukan pengajuan awal sehingga lebih terkesan fleksibel.
Persyaratan Pengajuan RPTKA Online
Pengajuan RPTKA bisa dilakukan secara online melalui jasa pembuat RPTKA. Namun, Anda harus melengkapi beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Berikut beberapa persyaratannya:
- Melampirkan identitas pemberi kerja TKA
- Rencana penyerapan tenaga kerja
- Data yang menerangkan jumlah tenaga kerja
- Rencana penggunaan Tenaga Kerja Asing setiap tahun berdasarkan perjanjian kerja
- Data tenaga kerja pendamping beserta alasan penggunaan TKA
- Bagan struktur organisasi perusahaan terkait
- Rencana perjanjian pekerjaan
- Surat pernyataan penunjukkan tenaga kerja pendamping
- Surat pernyataan kondisi darurat mempekerjakan TKA di Indonesia
- Surat pernyataan melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepada tenaga kerja Indonesia yang setara dengan kualifikasi jabatan yang diraih TKA.
Beberapa persyaratan tersebut harus dipenuhi dengan baik agar proses pembuatan RPTKA online bisa cepat selesai. Pastikan dokumen persyaratan dikumpulkan menjadi 1 agar tidak ada yang hilang.
Keuntungan Menggunakan TKA
Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan TKA dalam menjalankan usaha terbilang lebih baik dibanding warga lokal. Oleh sebab itu, banyak perusahaan swasta yang mempekerjakan warga asing. Kira-kira seperti ini keuntungannya jika menggunakan TKA:
1. Pembangunan Menjadi Lebih Cepat
Tenaga Kerja Asing terkenal dengan pekerjaannya yang cepat dan disiplin. Selain itu, TKA juga sangat ahli di bidangnya sehingga akan bekerja secara maksimal untuk perusahaan yang diikutinya.Tak heran jika pembangunan di perusahaan tersebut terasa lebih cepat.
Tentu saja adanya pengesahan RPTKA sangat berpengaruh bagi perusahaan karena tenaga asing memang benar-benar dibutuhkan. Meskipun membayar mahal tenaga kerja tersebut, namun perusahaan bisa mendapatkan manfaatnya dalam waktu yang cepat.
2. Masuknya Ilmu dan Teknologi Baru
Ilmu dan pengalaman teknologi yang dimiliki tenaga asing jauh lebih tinggi. Masuknya tenaga asing tersebut mampu memberikan warna baru di perusahaan. Dimana, ilmu dan teknologi baru semakin berdatangan dan mampu memajukan perusahaan.
Biasanya, tenaga kerja asing selalu membawa teknologi yang dipakai pada negaranya. Hal tersebut bertujuan agar Indonesia lebih mengenal teknologi baru dan bisa menggunakannya. Perusahaan pun menyambut dengan hangat aksi tersebut.
3. Membangkitkan Produktivitas Tenaga Kerja Lokal
Dengan hadirnya Tenaga Kerja Asing (TKA), akan meningkatkan produktivitas kerja dari tenaga kerja lokal. Bagaimanapun, tenaga kerja lokal harus bisa bersaing untuk bisa mempertahankan posisinya di dalam perusahaan.
Cara Mengurus RPTKA online
Dewasa ini, Anda tidak perlu lagi mengambil antrian online RPTKA. Sebab, pengurusan RPTKA bisa dilakukan dengan menggunakan jasa konsultan yang terpercaya. PT Novandi Utama Karya merupakan yang terbaik untuk urusan pembuatan RPTKA.
Anda hanya perlu mengunjungi website https://novandi.id/ saja untuk mendapatkan kontak yang bisa dihubungi. Setelah itu, Anda bisa melampirkan persyaratan yang dibutuhkan. Jadi, Anda tidak perlu mengantri lama untuk mengurusnya.
Keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan jasa ini adalah pengurusannya cepat, biaya terjangkau, dan free konsultasi. Jadi, Anda akan lebih terbantu dan tidak akan pusing mengurusnya.
Penutup
Pembuatan RPTKA online tak akan membuat Anda pusing jika sudah mantap memilih jasa yang terpercaya. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen persyaratan dan transfer biaya pembuatannya saja. Yakin masih mau mengurusnya sendiri?