Cara Mengurus KBLI Baru dengan Jasa Bantuan

Cara mengurus KBLI atau Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia tergolong sangat kompleks. Apalagi sejak ada peluncuran KBLI baru, perusahaan harus melakukan perubahan untuk penyesuaian kembali.

Oleh sebab itu, proses pengurusan KBLI yang baru ini akan lebih ringkas dengan jasa bantuan. Namun jika masih bingung bagaimana tahapannya dan harus mulai dari mana, maka simak runtutan cara di bawah ini:

1. Cari Jasa Bantuan yang Legal

Hal pertama yang masuk dalam jajaran cara mengurus KBLI baru adalah mencari jasa bantuan yang legal. Saat ini memang ada banyak jasa bantuan untuk memandu cara buat KBLI sampai akhir. Namun nyatanya tidak semua legal dan aman.

Ada saja jasa yang ditawarkan dengan harga sangat rendah namun prosesnya tidak sesuai prosedur. Jasa seperti ini harus dijauhi karena bisa jadi hasil akhir pemilihan KBLI-nya tidak bisa dipakai sebagai mana mestinya.

Oleh sebab itu, penting melakukan riset mendalam terkait jasa pengurusan KBLI yang aman. Biasanya jasa yang legal sudah memiliki izin jelas, sudah dilengkapi dengan website dan kantor, serta ada banyak review positif. 

2. Lakukan Konsultasi

Lalu bagaimana cara mendapatkan KBLI yang kedua? Untuk tahapan kedua yang wajib dilakukan adalah menjalankan proses konsultasi. Seperti yang sudah diketahui bersama, kategori dari KBLI ini sangat banyak.

Rincian kode KBLI yang baru juga semakin kompleks. Jadi proses pemilihannya harus tepat karena jika salah akan berpengaruh pada proses pembuatan NIB. Pemilihan kategori KBLI yang baru juga akan disesuaikan dengan industri yang dijalankan.

Selain itu, KBLI sendiri juga berkaitan dengan penentuan kualifikasi. Banyak pelaku usaha yang masih belum paham, sehingga diperlukan proses konsultasi. Jadi cara menentukan KBLI dengan konsultasi ini tidak bisa dilewatkan.

3. Lengkapi Informasi Persyaratan

Cara mengurus KBLI yang ketiga adalah melengkapi informasi persyaratan. Runtutan cara membuat KBLI baru di OSS memang sudah bisa diikuti. Namun sebenarnya, ada banyak informasi persyaratan yang dibutuhkan.

Untuk mempermudah prosesnya, serahkan saja semua informasi persyaratan kepada jasa bantuan yang dipakai. Nantinya, pihak yang sudah ahli dalam jasa bantuan ini akan melakukan input pada sistem OSS tanpa kesalahan.

Informasi yang dibutuhkan pasti berkaitan dengan bidang usaha. Mulai dari tipe sampai deskripsi lengkap produk atau jasa yang dihasilkan. Dengan informasi lengkap, maka KBLI yang baru bisa diluncurkan oleh BPS.

4. Lakukan Proses Pembayaran

Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan proses pembayaran. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa biaya memakai jasa bantuan untuk mengurus KBLI baru akan sangat tinggi dan menguras kantong.

Padahal nyatanya, biaya pemanfaatan jasa seperti ini tidak terlalu tinggi jika dibanding mengurus sendiri. Bahkan terkadang cara mengubah KBLI di OSS sampai penyelesaian sendiri memerlukan biaya tinggi karena terjadi banyak kesalahan.

5. Pantau Proses Sampai Akhir

Langkah akhir dari cara mengurus KBLI yang bisa dilakukan adalah memantau prosesnya sampai selesai. Umumnya, pihak yang mengurus akan memberikan informasi lanjutan dari proses penerbitan KBLI-nya.

Bahkan cara menambahkan KBLI pada NIB juga akan diinformasikan sembari prosesnya juga dijalankan. Jadi jika NIB sudah selesai, maka akan langsung diberi tahu. Waktu pengerjaannya tidak akan lama karena jasa bantuan seperti ini sudah ahli.

Tahapan cara mengurus KBLI tersebut sudah sangat kompleks. Adanya jasa pengurusan KBLI di Novandi justru bisa membantu proses sampai akhir. Jadi tenaga, budget, serta waktu pihak-pihak yang membutuhkan bisa lebih terjaga.

Share This Story, Choose Your Platform!