Apa Itu SIUJPT dan Syarat Pengurusannya!
Perusahaan yang bekerja di bidang pengiriman dan penerimaan barang melalui transportasi darat, udara dan laut memerlukan SIUJPT. Kemudian, apa itu SIUJPT? Bagi beberapa pelaku usaha tentu masih terasa asing dengan istilah tersebut.
Secara lebih lanjut akan dibahas mengenai SIUJPT dan juga syarat pembuatan surat izin satu ini. Untuk itu, perlu seluruhnya harus diperhatikan dengan baik agar tidak ada kesalahan. Selain itu, Anda dapat menyusun seluruh syarat yang diperlukan, berikut ini seputar surat izin ini!
Seputar SIUJPT
Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi atau lebih dikenal dengan singkatan SIUJPT. Surat izin usaha ini merupakan salah satu dokumen izin yang harus dimiliki oleh perusahaan yang bergerak di bidang pengurusan transportasi.
Bagi perusahaan yang tidak memiliki SIUJPT maka akan dikenakan sanksi administratif. Surat ini dikeluarkan oleh pihak Dinas Perhubungan Provinsi atau kota untuk perusahaan badan usaha Perseroan Terbatas.
SIUJPT Wajib Dimiliki Oleh Perusahaan Apa Saja?
Apa itu SIUJPT telah dibahas, dan ada beberapa perusahaan yang wajib memiliki izin ini. Perlu diketahui, perusahaan yang wajib memiliki surat izin ini, yakni Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) sesuai dengan KBLI 52291.
Adapun perusahaan JPT, yakni perusahaan yang beroperasi dalam penerimaan barang, warehousing, pengelolaan transportasi, penimbangan, sortasi dan lain sebagainya. Adapun untuk wilayah operasionalnya tidak terbatas pada angkutan darat, tapi juga angkutan udara.
Selain itu, untuk angkutan kereta dan juga laut ini wajib memiliki izin ini. Anda dapat mengurus surat izin ini OSS secara online dan dapat melihat ketentuan perusahaan di OSS. Dan, perlu diingat, perusahaan harus berbentuk PT (Perseroan Terbatas).
Persyaratan Pengurusan SIUJPT
Peraturan tentang SIUJPT seluruhnya telah diatur KBLI 52291, dan informasinya bisa dilihat satu pintu di OSS. Pengurusan izin ini harus mencantumkan beberapa persyaratan. Walaupun Anda menggunakan jasa pengurusan, Anda harus melampirkan syarat berikut:
- Melampirkan akta notaris dan Surat Keputusan dari Kemenkumham.
- Melampirkan fotokopi KTP dan NPWP Direksi serta pemilik saham.
- Melampirkan NPWP Badan Perusahaan.
- Melampirkan daftar sertifikat para tenaga ahli.
- Modal dasar perusahaan paling sedikit Rp1,2 Miliyar dan paling sedikit 25% dari modal dasar yang harus disetorkan penuh, dengan melampirkan bukti setoran sah atau audit dari kantor Akuntan.
- Gedung atau kantor harus memiliki sertifikat kepemilikan sendiri atau memiliki bukti sewa paling sedikitnya 2 tahun sewa.
- Melampirkan proposal teknis yang lengkap dengan keterangan atau penguasaan kendaraan operasional minimal kendaraan roda 4.
- Keterangan memiliki lahan parkir atau pool.
- Keterangan memiliki sarana dan peralatan perangkat lunak dan keras.
- Melampirkan fotokopi surat izin usaha Jasa Pengurusan Transportasi.
- Surat rekomendasi kebutuhan pembukaan kantor cabang dari Penyelenggara Pelabuhan atau Penyelenggara Bandar Udara.
- Surat keputusan pengangkatan Kepala Cabang yang ditandatangani oleh para penanggung jawab perusahaan.
- Foto kopi KTP Kepala Cabang.
- Melampirkan Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (IUJPT).
- Apabila ada perpanjangan atau perubahan data wajib melampirkan laporan kegiatan perusahaan dibubuhi tanda tangan penanggung jawab dan stempel perusahaan.
Cara Pengurusan SIUJPT
Saat ini seluruh pengurusan izin usaha dapat dilakukan secara online, tak terkecuali SIUJPT online. Bahkan pengurusannya semakin dipermudah dengan adanya jasa pengurusan. Meski begitu, Anda tetap harus memahami bagaimana prosedur pengurusan SIUJPT, berikut!
1. Mendaftar Melalui Online Single Submission
Bagi Anda yang ingin mengurus SIUJPT secara mandiri dapat mendaftar melalui OSS (Online Single Submission). Layanan satu pintu ini dikelola oleh Kementerian Investasi atau BKPM. Caranya cukup mudah dan Anda harus membuat akun OSS terlebih dahulu.
Setelah mendaftarkan akun di OSS, Anda bisa mengurus surat izin ini secara online di OSS. Ada banyak dokumen syarat yang harus dibuat selama proses pengurusan. Bisa jadi akan memakan waktu yang lama untuk mengurusnya.
2. Mendaftar Melalui Jasa Pengurusan SIUJPT
Prosedur yang kedua, Anda bisa meminta bantuan jasa pengurusan SIUJPT seperti di Novandi. Dengan jasa pengurusan SIUJPT, Anda lebih mudah memahami seluruh rangkaian proses pengurusan termasuk dokumen legalitas usaha yang dibutuhkan.
Proses pengerjaan tidak lagi membutuhkan waktu lama karena Anda hanya perlu melampirkan dokumen pribadi. Seluruh dokumen syarat untuk legalitas usaha akan diurus pihak jasa Novandi.
Penutup
Terjawab sudah apa itu SIUJPT dan seluruh syarat yang diperlukan untuk mengurus SIUJPT. Anda dapat menggunakan jasa pengurusan di Novandi Utama Karya. Pihak jasa akan membantu selama proses pengurusan surat izin ini.