Tidak Sembarangan Terbang, Begini Cara Membuat Visa Untuk Perjalanan Keluar Negeri

Jika anda ingin melakukan perjalanan keluar negeri maka harus disertai dengan izin-izin resmi dalam bentuk surat karena keluar negeri adalah meninggalkan tempat tinggal kita untuk mengunjungi negara lain yang jauh berbeda baik hukum, adat istiadat dan peraturan yang berbeda pula.

Selain ID card atau KTP dan passport, anda juga harus membawa serta surat izin bernama Visa. Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing. Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk (wikipedia).

Alasan melakukan kunjungan keluar negeri juga bermacam-macam:

– traveling,

– kuliah atau sekolah,

– bekerja 

– tugas diplomatik.

Bagaimana cara membuat visa?

Tentukan terlebih dahulu alasan perjalanan keluar negeri anda. Setelah itu baru anda bisa paham akan membuat visa yang bagaimana. Tapi, secara umum syarat membuat visa bisa anda siapkan sebelum mengajukan visa ke kedutaan negara yang ingin anda tuju.

  1. Mempersiapkan passport

Passport adalah syarat utama membuat visa. Maka dari itu buatlah passport terlebih dahulu sebelum anda mengajukan pembuatan visa. Pastikan kalau passport yang anda miliki masih berlaku. Minimal masih berlaku minimal 6 bulan sebelum masa berlakunya habis, masa berlaku passport adalah 5 tahun.

  1. Mengisi formulir online

Cara ini sudah diterapkan di hampir seluruh kedutaan negara. Selain mempersingkat waktu, juga mempermudah calon pengguna visa untuk mengisi formulir yang bisa jadi bisa berlembar-lembar banyaknya.

  1. Membawa bukti pembayaran biaya pembuatan visa

Masing-masing negara mematok biaya pembuatan visa berbeda di jenis visa yang berbeda pula. Pembayaran biaya pembuatan visa adalah salah satu syarat saat anda membuat mengajukan pembuatan visa.

  1. Pas foto

Setiap dokumen penting diri membutuhkan foto diri pengguna maka dari itu anda juga harus menyiapkan pas foto dengan warna background yang ditentukan masing-masing kedutaan. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu persyaratan di pusat informasi yang disediakan masing-masing kedutaan sebelum anda mengajukan visa.

  1. Bukti atau laporan keuangan pribadi

Hal ini penting diketahui oleh kedutaan negara apakah anda mampu bertahan selama kunjungan anda ke negara mereka atau tidak. Bukti atau laporan keuangan ini berasal dari fotokopi buku tabungan, slip gaji atau rekening koran.

Besaran jumlah tabungan anda yang menjadi persyaratan saat mengajukan visa juga bervariatif. Paling umum syarat yang mereka ajukan minimal terdapat tabungan sebesar 10 juta rupiah ketika anda dalam masa kunjungan ke negara lain. Coba cari tahu terlebih dahulu ke masing-masing kedutaan untuk besaran keuangan ini.

  1. Membawa serta surat keterangan sekolah/kuliah/bekerja

Untuk anda yang mengajukan visa sekolah atau kuliah, maka sertakan surat keterangan dari sekolah atau kampus yang anda tuju. Atau bukti anda masih pelajar di institusi tersebut.

Bagi anda yang mengajukan visa untuk bekerja, pastikan anda memiliki surat keterangan dari tempat anda bekerja sebelum anda pergi mengajukan visa.

6 hal di atas adalah syarat umum yang dibutuhkan untuk mengajukan pengurusan visa. Namun ada beberapa hal lainnya yang dianggap penting untuk anda miliki selama melakukan perjalanan keluar negeri. Seperti memiliki asuransi perjalanan, memiliki akte kelahiran, akte nikah, fotokopi visa pasangan untuk pasangan yang akan melakukan perjalanan keluar negeri.

Pembuatan visa tidak memakan waktu sebentar

Butuh waktu berminggu-minggu untuk kedutaan mempertimbangkan apakah anda layak atau tidak mendapatkan visa biarpun semua syarat sudah anda lengkapi namun di beberapa bagian anda tetap butuh bantuan ataupun bimbingan dalam pengurusan visa agar mudah diterima.

Untuk itulah tim Novandi yang memiliki badan hukum hadir untuk membantu anda dalam pengurusan visa. Akan membantu dan membimbing anda dalam menyiapkan berkas dan juga persiapan wawancara saat anda mengajukan visa.

Call Now Button
Open chat