Syarat Yang Harus Dilengkapi Saat Mengajukan Izin Menggunakan Tenaga Asing

Ketika anda memutuskan untuk menggunakan tenaga asing karena berbagai alasan yang sudah anda pertimbangkan lebih menguntungkan untuk perusahaan anda, maka anda tidak bisa sembarangan membawa mereka dari luar negeri dan langsung bekerja di perusahaan anda.

Anda sebagai pemilik usaha diharuskan memiliki izin untuk mempekerjakan para tenaga asing seperti yang sudah ditentukan oleh Direktur Pengendalian Penggunaan Tenaga Kerja Asing (Ditjen P2TKA).

Lalu apa saja syarat yang harus anda lengkapi untuk pengurusan izin Menggunakan Tenaga Asing (IMTA) sesuai dengan yang telah diatur dalam keputusan. 

Tentukan apakah anda buru-buru butuh tenaga asing?

Sebelumnya anda harus menentukan terlebih dahulu berapa lama dan seberapa mendesak anda butuh mempekerjakan tenaga asing. Karena sesuai dengan yang dijelaskan oleh kementerian Ketenagakerjaan Indonesia ada beberapa kategori alasan mempekerjakan tenaga asing.

  1. Rencana penggunaan tenaga asing mendesak
  2. Rencana penggunaan tenaga asing sementara
  3. Rencana penggunaan tenaga asing darurat mendesak

Persyaratan ini sudah dijelaskan secara dalam website official milik Kemnaker agar anda tahu seberapa mendesak anda butuh tenaga kerja asing. Hal ini penting seperti yang kita tahu kalau Indonesia membutuhkan banyak lapangan kerja untuk WNI yang saat ini tingkat penganggurannya terus meningkat setiap tahunnya.

Hal penting yang masuk ke dalam aturan baru penggunaan tenaga asing

Pada 2018 ada 10 aturan baru yang diterapkan bagi penggunaan tenaga asing. Dari 10 aturan ada yang benar-benar baru dan jadi perhatian penting untuk para pemberi kerja.

Yang pertama yaitu terkait izin penggunaan TKA, sekarang hanya dibutuhkan Rencana Penggunaan TKA (RPTKA), tidak lagi perlu Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA).

Lalu, pemberi kerja wajib memfasilitasi TKA untuk mendapat pendidikan dan pelatihan bahasa Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar tenaga asing dapat lebih berkomunikasi dengan tenaga pendamping lainnya.

Dan yang terakhir, dalam keadaan darurat, TKA bisa bekerja terlebih dulu baru kemudian mengurus RPTKA. Sayangnya, hal ini sering disalah gunakan oleh pengusaha dan pemberi kerja yang tiba-tiba langsung membawa TKA ke dalam negeri dan langsung mempekerjakan mereka.

Biarpun diperbolehkan, namun tidak direkomendasikan karena bisa merugikan para TKA dan pemberi kerja sendiri.

Masih bingung dengan cara pengurusan IMTA dan penjelasan artikel di atas? 

Langsung saja hubungi tim NOVANDI di nomor-nomor berikut ini, Tim Novandi akan membantu anda dalam pengurusan IMTA untuk usaha anda. 

NOVY YANTHI MAULIDYA, SH

+6282299880039

021-4210465

ANDIANSYAH

+62877889999694

021-4210465

ANNISA ARIANTI

+628983864019

021-4210465

DEDIK SANJAYA

+6287883664223

021-4210465

 

Call Now Button
Open chat