Sistem Baru Perizinan Perusahaan

Sistem Baru Perizinan Perusahaan

Sistem Baru Perizinan Perusahaan – NIB atau Nomer Izin Berusaha ialah skema perizinan paling baru yang diresmikan di Indonesia berdasar pada Perpres Nomer 91 Tahun 2017. Walau telah dikeluarkan pada tahun 2017, implementasi undang-undang ini baru dengan efisien laku di pertengahan ke arah akhir tahun 2018 lewat PP Nomer 24 Tahun 2018 Mengenai Service Berupaya Terintegrasi Dengan Elektronik.

Skema NIB menukar beberapa perizinan yang telah ada juga berintegrasi dengan tingkatan skema perizinan dari lembaga lainnya. Ada banyak perihal yang penting untuk dimengerti dalam pengurusan NIB. Tersebut salah satunya:

Manfaat NIB

Serupa dengan NIK buat masyarakat Indonesia, NIB ialah nomer jati diri buat satu perusahaan. Manfaat NIB ini menukar beberapa izin awal mulanya. Izin yang digantikan dengan NIB ialah TDP(Sinyal Rincian Perusahaan), API (Angka Pengenal Import), pun akses kepabeanan menjadi exportir serta importir.

NIB bisa didapat dengan online memakai basis paling baru pemerintah yakni OSS (Online Single Submission). Karenanya ada NIB, tiap-tiap aktor usaha dengan bentuk tubuh usaha/non tubuh usaha sekarang mempunyai nomer jati diri nasional menjadi pengenal.

Mengenai aktor usaha yang dapat mendaftar NIB lewat OSS ialah:

  • Perseroan Hanya terbatas
  • Perusahaan Umum
  • Perusahaan Umum Daerah
  • Tubuh Hukum Yang lain yang dipunyai oleh Negara
  • Tubuh Service Umum
  • Instansi Penyiaran
  • Tubuh Usaha yang dibangun oleh Yayasan
  • Koperasi
  • Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennootschap) atau biasa dimaksud CV
  • Persekutuan Firma (Venootschap Onder Firma)
  • Persekutuan Perdata.

OSS (Online Single Submission)

OSS yakni skema baru bertaraf nasional yang di kembangkan pemerintah yang dipakai untuk pendaftaran izin usaha juga izin komersil. Lewat portal OSS, kita dapat memperoleh izin usaha yang diperlukan untuk beroperasi di Indonesia. OSS bisa dibuka lewat portal: https://oss.go.id/oss/. Basis OSS dapat dipakai untuk beberapa type tubuh usaha seperti CV, PT, usaha perseorangan atau PMA (Perusahaan Modal Asing).

OSS pun berintegrasi dengan beberapa kementrian misalnya Kementerian Hukum serta HAM hingga data yang berada di lembaga lainnya tersambung serta dapat dibuka untuk percepatan pengurusan perizinan. Contohnya bila aktor usaha memakai tubuh hukum seperti PT (Perseroan Hanya terbatas), nomer Akta serta SK yang telah dikeluarkan serta tercatat di database Kemenkumham akan terintegrasi di OSS.

Pemenuhan Prinsip

Berlainan dengan perizinan awal mulanya di mana kriteria mesti dipenuhi terlebih dulu sebelum dikeluarkan, izin usaha langsung dikeluarkan oleh OSS. Tetapi, sesudah izin dikeluarkan ada prinsip yang perlu dipenuhi dengan aktor usaha. Prinsip ini mesti dipenuhi dalam tenggat waktu yang berlainan bergantung izin yang diserahkan. Bila prinsip belum dipenuhi sesudah tenggat waktu selesai, jadi izin yang telah dikeluarkan akan dengan automatis diurungkan oleh skema. Contoh prinsip yang perlu dipenuhi ialah izin tempat, izin perairan, izin lingkungan atau IMB buat usaha yang membutuhkan prasarana.

Sistem Baru Perizinan Perusahaan

Izin Usaha serta Izin Komersil

OSS keluarkan dua step izin yakni izin usaha serta izin komersial. Izin usaha ialah izin perdagangan serta layanan yang biasanya tidak membutuhkan izin penambahan atau lakukan pekerjaan produksi sendiri. Sesaat Izin Komersial ialah izin yang butuh didaftarkan untuk kepentingan operasional tersendiri. Contoh izin komersial ialah izin BPOM buat aktor usaha yang mendistribusi serta menghasilkan makanan. Tidak semua usaha membutuhkan izin komersial. Tetapi buat yang memerlukan izin komersial mesti memperoleh izin usaha dulu sebelum ajukan izin komersial.

Sisi yang butuh dilihat

Memakai skema yang terintegrasi tentu saja membutuhkan semua data untuk turut terintegrasi. Karena itu, penting buat aktor usaha untuk pastikan jika data pribadi yang tercatat baik di skema Dukcapil (Pencatatan Sipil), juga laporan berkaitan keharusan membayar pajak telah usai serta telah sesuai dengan. Data yang tidak cocok akan membuat pemakaian skema OSS jadi tidak berjalan.

Call Now Button
Open chat