Pengurusan PT Online Kini Tidak Lagi Sulit

Dalam kurun dua tahun belakangan, ada banyak perubahan yang terjadi dalam pengurusan pendirian Perseroan Terbatas (PT) terutama ketika berlakunya Online Single Submission (OSS) pada tahun 2018 yang membuat pengurusan PT bisa dilakukan secara elektronik.

Namun karena ada aturan baru dalam pengurusan PT, membuat prosedur pemeriksaannya juga sedikit berubah seperti mengintrodusir adanya  Nomor Induk Berusaha (NIB), juga ada Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2017 untuk menilai penyesuaian maksud dan tujuan dengan kegiatan usaha dan cara pengajuan izin usaha dan izin operasional atau izin komersial.

Pengurusan izin PT terbaru kini bisa melalui Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PP tentang OSS) yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/walikota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi.

Perlu anda ketahui kalau baru ada 20 sektor usaha yang perizinannya dapat diajukan melalui sistem OSS termasuk pertanian, pariwisata, pendidikan dan kebudayaan, usaha tenaga listrik, usaha tenaga nuklir, dan UMKM. jadi mohon diperhatikan usaha anda masuk ke dalam bidang yang mana ya.

Nantinya, OSS akan menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) mirip dengan NIK tapi berjumlah 13 angka. NIB memiliki banyak fungsi yang bisa digunakan, diantaranya adalah:

  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Angka Pengenal Importir (API)
  • Hak Akses Kepabeanan
  • Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA)

Adanya NIB yang anda miliki, anda tidak memerlukan SIUP, TDP dan lainnya di banyak hal.

Mengajukan pengurusan PT Online melalui OSS

Mengajukan pengurusan PT Online akan jadi lebih mudah apabila anda melakukan registrasi di laman OSS dan mengisi data berikut ini:

  1. Nama dan/atau nomor pengesahan akta pendirian atau nomor pendaftaran
  2. Bidang usaha
  3. Jenis penanaman modal
  4. Negara asal penanaman modal, dalam hal terdapat penanaman modal asing
  5. Lokasi penanaman modal
  6. Besaran rencana penanaman modal
  7. Rencana penggunaan tenaga kerja
  8. Nomor kontak badan usaha
  9. Rencana permintaan fasilitas perpajakan, kepabeanan, dan/atau fasilitas lainnya
  10. NPWP Pelaku Usaha non perorangan
  11. NIK penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan

Anda juga harus membuat usaha anda masuk ke dalam penilaian yang diatur oleh Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) tahun 2017 karena OSS menilai usaha anda menggunakan penilaian ini. Maka dari itu anda harus menyesuaikan maksud dan tujuan PT anda sesuai dengan yang tertera dalam KBLI 2017.

Mengajukan pendirian PT secara online menggunakan layanan AHU Online

Tahukah anda kalau Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) juga menyediakan layanan online untuk mempermudah pengurusan PT Online. Ada 3 tahap ketika anda memutuskan untuk mengajukan pengurusan PT Online menggunakan AHU Online.

  1. Pemesanan nama PT

Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah nama perusahaan yang anda ajukan layak seperti yang ada di dalam kriteria milik Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Nama belum digunakan oleh pihak lain dan tidak memiliki kemiripan dengan nama perusahaan lain. Nama juga harus menggunakan bahasa Indonesia dan terdiri dari tiga kata. 

  1. Pembuatan akta pendirian PT

Anda membutuhkan bantuan jasa notaris untuk membuat akta pendirian perusahaan. Untuk bagian ini adalah tugas seorang notaris. Tidak perlu merasa kesulitan untuk mencari notaris yang mumpuni, bagian ini sudah menjadi tugas tim Novandi untuk membantu anda.

  1. Pengesahan perusahaan

Pengesahan perusahaan tidak bisa dilakukan oleh masyarakat umum, biarpun tetap dilakukan secara online namun tetap dilakukan oleh jasa notaris. Notaris akan menambahkan dokumen-dokumen pendukung untuk pengesahan dan sejumlah biaya pengesahan yang ditentukan oleh AHU. pembayaran dilakukan menggunakan layanan autodebet dari rekening yang telah terintegrasi dengan layanan dari Ditjen AHU.

Pengurusan PT online melalui AHU Online dapat mempermudah dan menghemat waktu pengurusan. Selain itu biaya pengurusan bisa ditekan seminimal mungkin.

 

Call Now Button
Open chat