Jenis Surat Izin Usaha Dan Fungsinya

Jenis Surat Izin Usaha Dan Fungsinya

Jenis Surat Izin Usaha Dan Fungsinya  – Sebelum mengawali satu usaha sebaiknya Anda mengerti dulu beberapa jenis surat izin usaha bersama fungsinya. Karna jika Anda belum memahaminya akan sulit kedepannya. Berikut ini jenis surat izin usaha dan fungsinya diantaranya :

Surat Izin Usaha Tempat Usaha (SITU)

SITU adalah satu diantara beberapa macam surat izin usaha yang disebut satu izin yang dikasihkan pada perseorangan, perusahaan serta tubuh usaha, untuk mendapatkan izin tempat usaha sesuai tata lokasi yang dibutuhkan dalam rencana penanaman modal.

Umumnya basic hukum untuk Surat Izin Usaha Tempat Usaha ini dikeluarkan oleh pemerintah berbentuk ketentuan daerah yang umumnya laku sampai tiga tahun serta dapat diperpanjang bila waktu berlakunya telah habis. Namun mesti penuhi ketentuan yang laku.

Surat Izin Prinsip (SIP)

Surat izin Prinsip atau SIP pula adalah satu dari banyak beberapa macam surat izin usaha. SIP umumnya dikasihkan pada entrepreneur atau tubuh usaha yang melakukan pekerjaan usaha disuatu daerah. Tetapi tidak asal-asalan surat ini dikeluarkan sebab mesti penuhi kriteria yakni tubuh usaha atau entrepreneur yang berinvestasi mesti dapat memajukan daerah.

Surat Izin Usaha Industri (SIUI)

Izin usaha ini akan dikeluarkan pada entrepreneur menengah kecil yang ingin mempunyai legalitas untuk pemenuhan berkas agara upayanya dapat lebih berkembang di industri. Syaratanya entrepreneur keci ini sudah mempunyai modal 5-200juta. Prasyarat untuk memperoleh surat izin ini dengan mengajukannya ke kantor Service Perizinan Terpadu Daerah Tingkat II Kabupaten atau Kota. Bila upayanya sudah berkemban jadi dapat ajukan ke service perizinan terpadu Tingkat I Propinsi atau BKPM.

Baca Juga : Langkah Memilih Bidang Usaha Yang Cocok

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP termasuk juga dari beberapa macam surat izin usaha. Manfaat dari surat izin usaha ini ialah supaya perusahaan, koperasi, persekutuan ataupun perusahaan perorangan bisa lakukan pekerjaan usaha perdagangan harus mendapatkan SIUP yang diedarkan berdasar pada bertempat perusahaan serta laku di semua lokasi Republik Indonesia.

SIUP sendiri terbagi dalam tiga tipe diantaranya :

  • Pertama SIUP Kecil yang dikeluarkan untuk perusahaan yang mempunyai modal disetor serta kekayaan bersih di bawah Rp. 200 juta di luar tanah serta bangunan.
  • Ke-2 SIUP Menengah yang dikeluarkan buat perusahaan yang mempunyai modal disetor serta kekayaan bersih Rp. 200 juta s/d Rp. 500 juta di luar tanah serta bangunan.
  • SIUP Besar, satu diantara izin usaha yang dikeluarkan perusahaan yang mempunyai modal disetor serta kekayaan bersih diatas Rp. 500 juta di luar tanah serta bangunan.
Call Now Button
Open chat