Dokumen Penting Yang Harus Dimiliki Sebelum PT Berdiri

Ketika anda memiliki niatan untuk mengesahkan perusahaan (PT) anda di mata hukum ternyata tidak sekedar main berdiri saja karena ada dokumen penting yang penjadi pendukung utama berdirinya sebuah PT.

Apalagi mengajukan izin usaha itu juga berbeda di setiap tempat di Indonesia dan tiap izin usaha memiliki kriteria perizinan yang disesuaikan dengan kondisi setempat.

Kalau anda memiliki dua usaha seperti biro perjalanan wisata dan juga usaha jual beli, lalu anda ingin membangun perusahaan dengan menggabungkan dua usaha tadi maka anda akan menemukan kegagalan untuk mempertemukan mereka.

Untuk biro perjalanan wisata maka anda butuh TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata), sementara usaha perdagangan pakaian memerlukan izin usaha berupa SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Kedua bidang usaha ini tidak bisa bertemu dalam satu perusahaan karena salah satu sayarat pendirian Perseroan Terbatas (PT) adalah memiliki sebuah usaha atau lebih dengan ketentuan memiliki usaha dibidang yang sama.

Misalnya nih, apabila anda ingin mengajukan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) maka anda harus memiliki dokumen-dokumen penting di bawah ini. 

  1. BPJS Ketenagakerjaan;
  2. SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan);
  3. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Badan;
  4. TDP (Tanda Daftar Perusahaan);
  5. UUG (Undang-Undang Gangguan) atau HO;
  6. PKP (Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak);
  7. SKT (Sertifikasi Keterampilan) atau SKA (Surat Keterangan Keahlian); dan
  8. SBU (Sertifikasi Badan Usaha

Dokumen-dokumen di atas wajib anda miliki.

 

Call Now Button
Open chat