Beberapa Langkah Untuk Melegalkan Usaha Konsultan IT

Beberapa Langkah Untuk Melegalkan Usaha Konsultan IT

Beberapa Langkah Untuk Melegalkan Usaha Konsultan IT – Bersamaan semakin majunya tehnologi, type usaha yang dahulunya tidak ada, sekarang justru menjamur. Satu diantara misalnya ialah usaha konsultan IT. Konsultan IT bisa ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti marketing, manajemen project, konsumen relationship management (CRM), serta sistem development. Konsultan IT menolong client-nya meningkatkan skema, dari mulai internal seperti skema manajemen project sampai pembuatan aplikasi yang bisa dipakai oleh pasar client-nya. Pada dasarnya, konsultan IT menolong client-nya untuk membuat susunan serta skema IT yang efektif serta user friendly. Buat Anda yang ingin meningkatkan layanan situs designer atau situs developer, dapat memakai bendera menjadi perusahaan konsultan IT.

Untuk membangun satu perusahaan konsultan IT, Anda butuh terlebih dulu akan memutuskan bentuk tubuh usaha yang sesuai dengan. Terdapatnya tubuh usaha membuat usaha yang Anda lakukan jadi lebih dapat dipercaya. Karena dengan mempunyai tubuh usaha, karena itu pekerjaan, keuangan, serta pertanggungjawaban perusahaan terpisah dengan Anda menjadi perseorangan.

Untuk tubuh usaha buat perusahaan konsultan IT, Anda dapat membuat PT (Perseroan Hanya terbatas) atau membangun CV (Persekutuan Komanditer). Anda dapat pelajari proses serta ketentuan membuat PT di sejumlah daerah dengan lihat infografis ini. Ketidaksamaan pada PT serta CV ada di status tubuh hukum. PT ialah tubuh usaha yang mempunyai tubuh hukum . Implikasi dari terdapatnya status tubuh hukum ini ialah terdapatnya pembelahan harta serta tanggung jawab yang pasti pada perusahaan serta pemegang saham. Berlainan dengan CV yang dapat sampai harta pribadi, untuk PT jika perusahaan alami kerugian tanggung jawab pemegang saham cuma hanya modal yang ia punya di perusahaan itu. Sekarang ini proses serta ketentuan membuat PT, khususnya di Jakarta, jadi lebih gampang.

Sesudah memastikan tubuh usaha yang paling cocok untuk perusahaan konsultan IT, Anda butuh membuat akta pendirian dari tubuh usaha itu. Di akta itu akan dijelaskan dari mulai bertempat usaha, sektor bisnis, sampai prosentase kepemilikan saham setiap pendiri serta pemegang saham dari perusahaan Anda (spesial untuk pendirian PT). Janganlah lupa masukkan detil sektor bisnis konsultan IT dalam akta pendirian itu.

Bila Anda membangun PT, karena itu bertepatan dengan terbitnya akta pendirian, Anda pun akan memperoleh surat pengesahan tubuh hukum dari Kementerian Hukum serta Hak Asasi Manusia. Dengan bekal akta serta surat pengesahan tubuh hukum, Anda mulai bisa mengatur dokumen otoritas yang lain seperti Surat Info Bertempat Perusahaan (SKDP), BPJS Ketenagakerjaan, Nomer Inti Harus Pajak (NPWP) tubuh, Surat Izin Usaha Perdagangan Umum (SIUP), serta Sinyal Rincian Perusahaan (TDP). Easybiz menyiapkan service pendirian PT di Jakarta serta lokasi yang lain.

Tingkatan sama jika tubuh usaha yang Anda pilih ialah CV. Yang memperbedakan proses serta ketentuan pendirian PT serta CV ialah pendaftaran di pengadilan negeri. Sebab CV tidak memiliki badan hukum karena itu kriteria pendirian CV ialah akta pendirian serta pendaftaran di pengadilan negeri, bukan surat pengesahan tubuh hukum seperti PT. Perizinan serta otoritas yang lain relatif sama.

Nah, untuk mengatur SIUP serta TDP butuh dikit kejelian dari Anda. Masalahnya saat bicara tentang SIUP, tidak terlepas dari kode-kode sektor bisnis yang tercantum dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). Untuk ajukan permintaan SIUP, Anda butuh pilih kode sektor bisnis dengan jeli dengan menyamakan sektor bisnis yang tercantum dalam akta, sektor bisnis riil yang ditempuh, serta kode KBLI yang ada. Buat yang bertempat usaha di Jakarta bisa memakai sarana service SIUP serta TDP Online yang disiapkan oleh PTSP DKI Jakarta. Ini membuat proses serta ketentuan membuat PT di Jakarta jadi lebih gampang.

Untuk perusahaan konsultan IT sendiri, Anda bisa pilih kode 6202 serta 7020 untuk dimuat dalam SIUP perusahaan Anda. Kode 6202 meliputi kegiatan konsultasi computer serta manajemen sarana computer. Sesaat kode 7020 meliputi kegiatan konsultasi manajemen. Sesudah Anda mempunyai semua dokumen otoritas basic ini, perusahaan konsultan IT Anda siap untuk mulai bekerja. Jika telah memiliki badan usaha ditambah lagi memiliki bentuk PT, ingin turut tender aman.

Call Now Button
Open chat